Misteri Lagu STAIRWAY TO HEAVEN



Lagu “Stairway To Heaven” dari band asal Inggris, Led Zeppelin, bisa jadi merupakan salah satu lagu yang paling banyak di-request di radio dan salah satu yang paling banyak dibawain oleh band lain. Lagu ini ngga pernah dirilis sebagai single oleh Atlantic Records. Jadi emang ngga bisa dibandingkan penjualannya sama lagu “I Will Always Love You” (dinyanyiin sama Whitney Houston). Lagu ini terdapat dalam album "Led Zeppelin IV" dan dari album ini mereka hanya merilis 2 single, yaitu “Black Dog” (dirilis Februari 1972 dan paling mentok hanya sampe nomer 15 di Billboard) dan “Rock and Roll” (dirilis sbg single pada bulan April 1972, paling top hanya sampe urutan 47). Waktu itu, stasiun2 radio udah pada prediksi bahwa band ini bakalan pilih "Stairway..." sebagai single ke-3. Ternyata Robert Plant (vokal), Jimmy Page (gitar), John Paul Jones (bass), dan John Bonham (drums) berpendapat lain. Dirilis sebagai single atau tidak, toh lagu ini tetap jadi favorit pendengar musik bahkan sampai sekarang setelah album ini dirilis 30 tahun lalu!

Stairway To Heaven merupakan lagu legendaris yang diciptakan oleh gitaris "Jimmy Page" dan "Robert Plant (vokalis)" sekitar tahun 1970-an. Sedikit info Jimmy page adalah orang pertama yang menggunakan gitar dual setang, setang atas 12 senar untuk akustik, setang bawah 6 senar untuk elektrik. Lagu yang awalnya memang enak di dengar ini sempat memperoleh peringkat ke-3 pada tahun 2000 oleh VH1(VH1 adalah stasiun televisi kabel Amerika Serikat yang didirikan pada Januari 1985 oleh Warner-Amex Satellite Entertainment dan pemilik MTV) dalam daftar mereka, 100 Lagu Terbesar. Ini adalah lagu yang paling banyak diminta dan paling banyak diputar di stasiun-stasiun radio FM di Amerika Serikat, meskipun di sana lagu ini tidak pernah diterbitkan sebagai singgel. Pada November 2007, melalui penjualan unduhan yang mempromosikan penerbitan album mereka yang terbaru Mothership, lagu ini menduduki tempat ke-37 di Deretan Singgel Britania. Dan lagu ini juga merupakan lagu paling fenomenal nomer satu sepanjang masa. (peringkat dua didudukin bohemian rhapsody oleh queen)

Lagu ini udah pernah direkam oleh puluhan musisi ngetop, di antaranya adalah Frank Zappa, dan pernah direkam dalam berbagai versi musik, dari musik country, bluegrass, reggae (Dread Zeppelin di album "5,000,000") sampe jazz (gitaris Stanley Jordan bawain instrumental di album Stolen Moments). Grup rock Butthole Surfers juga pernah bikin plesetan lagu ini untuk judul albumnya, Hairway To Steven.

Album ini direkam di sebuah rumah tua di beberapa mil di luar kota London. Tapi khusus untuk lagu "Stairway To Heaven," mereka berpikir untuk membawa lagu ini ke studio rekaman beneran. Alesannya biar hasilnya lebih sempurna. Menurut Jimmy, "Stairway..." adalah satu2nya lagu yang direkam dengan menggunakan semua gitar2 utamanya. Suara gitar di bagian awal direkam dengan gitar akustik merk Harmony (sekarang dipajang di Museum Rock and Roll Hall of Fame di Cleveland, Ohio), di bagian ritem lagu dengan menggunakan gitar elektrik 12 senar merk Fender, dan di bagian akhir dengan gitar Gibson Les Paul 1959 (warna sunburst, pemberian dari Joe Walsh, gitaris Eagles). Sebelum direkam, Jimmy "ngulik" menggunakan gitar Fender Telecaster untuk mengarang improvisasi bagian solonya.
Menurut Jimmy, dia paling banyak menulis lirik di ke 3 album LZ sebelumnya. Waktu merekam album ke 4 ini, dia mengharapkan peran Robert untuk ikutan nulis lirik. Waktu aransemen lagu ini hampir jadi, lirik yang dikerjain Robert ini udah 80% selesai. Robert ingat waktu mendengarkan Jimmy lagi mengarang bagian instrumental intro lagu ini, waktu itu bad mood jadi nulis liriknya asal2an. Tapi tiba-tiba tangannya nulis kata-kata “there’s a lady who’s sure all that glitters is gold and she’s buying a stairway to heaven…” dan waktu sadar, Robert langsung surprised! Sepertinya lagu ini emang udah waktunya untuk diciptakan dan sepertinya ada sesuatu yang mendorongnya untuk selesai.

Jimmy ingat waktu Robert nanya pendapatnya mengenai kalimat “bustle in your hedgerow” dan langsung setuju untuk dimasukin ke dalam lirik lagu. Menurutnya, biarin aja orang2 pada mikir sendiri artinya apaan dan bebas dengan interpretasi masing2. Liriknya punya kharisma dan menarik untuk ditelusuri arti di belakangnya. Siapa sih “lady(cewek)” yang dimaksud dalam lagu ini? Arti dari “buying a stairway to heaven(membeli tangga ke surga)” itu apa? Sang “lady” muncul lagi di bagian akhir lirik: “And as we wind on down the road/ our shadows taller than our soul/ there walks a lady we all know...(dan ketika angin menyapu jalanan, bayangan kita lebih panjang daripada jiwa kita, disanalah berjalan seorang gadis yang kita kenal)” Munculnya karakter “lady” dan juga "the piper" bikin lagu yang panjangnya sekitar 8 menit ini jadi seperti sebuah misteri. Gila nulis review tentang ni lagu aja udah bikin saya merinding. *nyalain lagi marlboro merah*

menurut saya lagu ini bercerita tentang seorang gadis yang kebingungan mencari tujuan hidupnya, dan mencari kebenaran mutlak dari arti kehidupan. Untuk apa dia hidup, apa yang dia jalanin sekarang, bagaimana jiwanya akan terbuang setelah kematian datang, hal itu digambarkan dalam pencarianya membeli tangga menuju surga, sampai akhirnya datang "the piper" sang pencerah yang menunjukan jalan kepadanya.

Berikut ini lirik dari lagu tersebut :

There’s a lady who’s sure all that glitters is gold
And she’s buying a stairway to heaven.
When she gets there she knows, if the stores are all closed
With a word she can get what she came for.
Ooh, ooh, and she’s buying a stairway to heaven.

There’s a sign on the wall but she wants to be sure
’Cause you know sometimes words have two meanings.
In a tree by the brook, there’s a songbird who sings,
Sometimes all of our thoughts are misgiven.
Ooh, it makes me wonder,
Ooh, it makes me wonder.

There’s a feeling I get when I look to the west,
And my spirit is crying for leaving.
In my thoughts I have seen rings of smoke through the trees,
And the voices of those who standing looking.
Ooh, it makes me wonder,
Ooh, it really makes me wonder.

And it’s whispered that soon if we all call the tune
Then the piper will lead us to reason.
And a new day will dawn for those who stand long
And the forests will echo with laughter.

"If there’s a bustle in your hedgerow, don’t be alarmed now,
It’s just a spring clean for the May queen.
Yes, there are two paths you can go by, but in the long run
There’s still time to change the road you’re on."
And it makes me wonder.

Your head is humming and it won’t go, in case you don’t know,
The piper’s calling you to join him,
Dear lady, can you hear the wind blow, and did you know
Your stairway lies on the whispering wind.

And as we wind on down the road
Our shadows taller than our soul.
There walks a lady we all know
Who shines white light and wants to show
How everything still turns to gold.
And if you listen very hard
The tune will come to you at last.
When all are one and one is all
To be a rock and not to roll.

And she’s buying a stairway to heaven.

Kembali lagi, ternyata dalam lirik tersebut, jika penggalan lirik yang saya kasih tanda petik itu diputar kebelakang (reverse) akan muncul lirik lain yang berisi pemujaan terhadap setan.

"oh here's to my sweet Satan
the one whose little paths would make me sad
whose power is Satan
he'll give you give you 666
there was a little toolshed
where he made us suffer
sad Satan"

Namun, Jimmy page selaku pencipta dari lagu menepis anggapan dari hal tersebut ia mengatakan dirinya adalah musisi. Dan tidak ada kaitan apapun dengan lagu yang diputar kebelakang. "dengar dan nikmatilah". Terlepas dari satanisme yang ada dalam lagu tersebut, memang pantas diakui lagu ini memang sangat enak dan mampu menghipnotis pendengarnya untuk terlena kedalam lagu, dan meresapi apa makna lagu tersebut.

Sumber

2 comments:

  1. Makna sesungguhnya dari lagu ini :
    Ada seorang wanita penyelamat dunia yang akan membeli tangga ke surga.
    O.K.

    ReplyDelete
  2. Thx. Udah mampir ... Follow ya ..

    ReplyDelete